Sunday, September 11, 2016

Pengalaman Send FF di Flying NC Fanfiction

Sabtu, 3 September 2016:
Setelah 2 hari ngerjain projek FF, kepikiran kan mau ngirim ke mana. Nah ya di mbah Google ngetik "Send FF Flying NC Fanfiction". Muncul tuh cara buat ngirim FF di sana. Nah, saya scroll down terus itu isinya, kok ngga ketemu alamat email buat ngirim FF oneshoot.

Saya panggil teman saya, suruh teliti lagi apa ada alamat email buat oneshot, kali aja saya salah liat. Dan memang tidak ada. Komentar-komentar di bawah postingan juga banyak yang nanya alamat email buat ngirim FF oneshot. Di postingan itu hanya dikatakan yang mau ngirim FF oneshoot silahkan hubungi admin via twitter.

"Waduh, aku ngga punya twitter nih,"

Ya, terus jelajah lagi masih di blog yang sama, di postingan berbeda, di katakan bahwa:
---berhubung ranufaara gak ada kabar sama sekali buat post ff oneshot  (Oneshot ranufaara yg post)  . Jadi kak handa yang bakal gantinkan dia buat post ff oneshot.---

Kak Handa ini kan admin FF chapter, emailnya ada di postingan "Send FF" tadi. Ya sudah, saya kirim ke alamat email itu.

Dengan prakata di badan email untuk basa-basi saya tulis "eonni, ff ini sudah memenuhin syarat, cepat dipublish ya"

Menunggu, menunggu menunggu akhirnya dapat balasan:
"Kalau mau cpt di post berarti kamu salah pilih blog.
Kami tidak bisa di paksa harus cpt post ff yg di kirim. Kalau gk mengikuti antrian .
Yg kirim ff bukan cuma kamu loh"

saya balas:
"ya udh deh eonni, yang penting di post"

Admin itu balas lagi:
"Gak deh ... gk mau ngecewain yg punya ff kalau ff ya lama di post.
Kamu cari blog lain aja yg lebih bisa post ff kamu secara cepat tanpa antrian.
Dan kalau emng kamu kirim ff baca dulu send ff aku nyakin kamu gk bakal kirim ff ke email ini . Krna email ini bukan email nerima ff."

Sayanya bingung kan, lalu nge-balas:
"Abisnya di Send FF yg nongol alamat email cuma itu doang. Makanya di jelasin dong mbak, FF chapter di kirim ke sini, Oneshoot ke sini, jadwal publish ff juga ditulis di balasan kiriman FF..
yang ramah juga dong, ngga ake nyolot juga kalii..."
 
Tak berselanglama, saya dapat email lagi:
"Lu y aja yg buta atau gk bisa baca. Di send ff sudah jelas di tulis email buat kirim ff.  Di jelasin juga ff harus nunggu antrian jadi gk bisa pasti kapan di post.
Terus lu ngerasa ff lu mau cpt di post padahal penulis lain aja antri ff.
Bayar berapa lu ha sampai segitu PD ya mau cpt di post .
Sebagus apa tulisan lu. Dirail yg tulisan ya jauh lebih bagus dari lu aja antri. Nah Lo "
 
Sampai disini saya sudah sangat sakit hati, hanya gara-gara menulis basa basi dengan embel-embel kata "cepat" malah di hina-hina seperti ini. 
Terus saya buka lagi tuh postingan di blog itu dan memang, katanya kalau FF yg ngga bakal di publish itu akan dapat balasan email, sedang yg di publish ngga dapat balasan email.

Tapi, apa iya balasan emailnya sepedas ini?

Masih sakit hati, saya kirim langsung 3 email berbunyi:
"Dih, galak amat.."
 
saya kirim kutipan di postingan Send FF
"memenuhi syarat sebagai berikut :
  1. FF merupakan hasil dari pemikiran readers sendiri. BUKAN PLAGIAT! . Dan jika FF terbukti plagiat maka akan langsung kami HAPUS.
  2. FF bisa berbentuk oneshot atau chapter. Tapi TIDAK BOLEH berbentuk Ficlet atau Drabble.
  3. Naskah dikirim dalam bentuk ms. word 2007 tidak boleh lebih.
  4. Cast dalam FF diwajibkan AllKpop artis. Namanya boleh bukan nama Korea. ASALKAN ARTIS K-POP. Contoh: Cho Kyuhyun dan dalam FF Marcus Cho.
  5. Bagi yang ingin ff-nya disertai cover. Diharapkan gambarnya dilampirkan terpisah dari file dokumen. Maksud tidak didalam file ms. word-nya.
  6. FF dikirim dengan format sebagai berikut :
Author :
Tittle :
Category :
Cast :
Other Cast : (Boleh diisi jika ada)
Dalam kategori hanya ada 4 : Rating (NC17/NC21), Type (Yadong/Yaoi/Yuri), Genre (Romance/Kekerasan /etc.) dan Length (Oneshot/Chapter)
CONTOH :
Author : WonSiKyu
Tittle : Candy
Category : NC21, Yadong, Romance, Oneshoot
Cast :
Cho Kyuhyun
Choi Sihyun
Other Cast :
Other Super Junior Member
7. Tidak boleh mengirimkan FF yang sama lebih dari satu kali. Jika ragu FF-nya masuk atau tidak. Silahkan tanyakan kepada admin lewat Grup Line Khusus Author FNC atau twitter @flyingncff . Atau akun pribadi admin untuk oneshot silahkan hubungi admin ranufaara (@ranufaaara) dan admin song ji yoo (ID Line : viitaa28). Untuk chapter silahkan hubungi admin Cho Handa (Allrisegaem8688@gmail.com) dan admin Lee Sooyeon (ID Line : leesooyeon618)
8.  Bagi yang ingin mengirimkan sequel untuk sebuah ff chapter, diharapkan dikirim setelah chapter terakhir selesai dipost agar tidak terjadi kesalahaan. Karena sistem pengepost-an ff telah diubah. Untuk FF oneshot oleh admin ranufaara, untuk ff chapter admin Cho Handa.
9.  Pengiriman FF untuk FF CHAPTER yang akan kami terima dikirim pada tanggal 1, 10 dan 18. Dimulai dari jam 00.00 hingga jam 24.00. FF yang dikirim TIDAK SESUAI pada waktu tersebut tak akan kami post dan akan kami HAPUS. Untuk FF ONESHOT mulai tanggal 16 Mei 2016 akan diterima setiap hari.
10. Boleh menambahkan author’s note atau disclaimer asalkan tidak ada sapaan yang mengandung agama.
Dan berikut ada beberapa peraturan tersendiri dalam pengiriman ff sesuai dengan jenis ff yang dikirimkan

ONESHOT

  1. HARUS ada part nc-nya. Jika ff itu merupakan bagian awal dari ff selanjutnya yang ada part nc-nya. Lebih baik dijadikan FF Chapter.
  2. TIDAK BOLEH remake dari ff yang lain. Kalaupun remake harus meminta ijin dulu kepada authornya. Dan memberi tahu akun author yang ff-nya diremake atau link ff yang diremake kepada admin ranufaara.
  3. HARUS sesuai dengan format. Semua ini agar FF terlihat lebih rapih dan pengepostan ff lebih mudah.
  4. FF tidak boleh kurang dari 18 lembar.
  5. FF harus dikirim dengan subject: ONESHOT
Lagi, saya kirim Kutipan di postingan Rules Send FF:
"berhubung ranufaara gak ada kabar sama sekali buat post ff oneshot  (Oneshot ranufaara yg post)  . Jadi kak handa yang bakal gantinkan dia buat post ff oneshot..."
Apa gue salah baca? mata gue gak buta, yaaaa
 
..
 
Dan sampai postingan saya ini di tulis, saya belum mendapat balasan email apapun. Dan semua percapakapn itu sudah saya Screenshoot kalau ada yang tidak percaya. Tapi demi privasi, saya tidak tampilkan disini.
 
Pelajaran yang dpat dipetik dari postingan ini yaitu: 
JANGAN PERNAH MENAMBAHKAN BASA-BASI DI BADAN EMAIL DENGAN KATA 'CEPAT'
 
..
 
__Terimakasih__
 
Load disqus comments

21 comments