Saturday, December 31, 2016

Siapa S.E.S? Girlgroup yang Re-Born pada Anniversary ke-20 Tahun di Awal 2017

Annyeonghaseyo chingudeul~~
Happy new year ya.. Oiya, di new year 2017, SM ngerilis MV baru, MV dari girlgroup S.E.S (baca: es i es). Nah loh, banyak kpopers Line 2000-an keatas (termasuk Uzy) gak tau siapaitu S.E.S..

Menurut wikipedia, S.E.S. (Sea, Eugene, Shoo), (Hangul: 에스.이.에스) adalah girlband Korea Selatan dibawah manajemen SM Entertainment. Berlangsung dari 1997 sampai 2002, mereka dipandang sebagai versi perempuan dari H.O.T, kelompok lain SM yang juga menikmati popularitas fenomenal selama tahun-tahun yang sama.

Memberdeul
  • Bada (바다, a.k.a. Sea) (l. 28 Februari 1980) sebagai penyanyi utama grup, dengan kekuatan vokal terbesar dan jangkauan. Ia juga dianggap sebagai penari terbaik dalam kelompok. "Bada" berarti "sea" dalam bahasa Korea, menjadi "Sea" di "S.E.S." Ia sejak itu telah menjadi artis solo.
  • Eugene (유진) (l. 3 Maret 1981) adalah "face" dari S.E.S., memimpin dalam banyak iklan kelompok. Setelah istirahat, Eugene telah tampil baik di musik dan akting.
  • Shoo (슈) (l. 23 Oktober 1981) mampu dalam menyanyi dan menari. Selama waktunya di S.E.S., ia dikenal untuk rambut liar dan penampilan konyol-nya. Shoo masuk ke musikal setelah istirahat, termasuk versi Korea Bat Boy: The Musical.
note author: Mungkin terbentuknya TaeTiSeo (sub-grup SNSD) terinspirasi dari S.E.S kali yaa.. Semacam reinkarnasi gitu, mungkin loh yaa (please jangan bas Uzy)

Album
Sejak tahun 1997 hingga pisah tahun 2002, S.E.S sudah menelurkan (eaakss bahasamu Zy-,-) 7 album bahasa Korea dan 5 album bahasa Jepang. Pokoknya ini girlgroup tenar banget lah di jamannya.

Setelah S.E.S Pisah

Saat ini, semua anggota sibuk bekerja pada karier masing-masing. Meskipun Shoo adalah satu-satunya anggota yang telah memutuskan untuk tinggal dengan SM setelah kontrak pertama berakhir, ia kemudian memilih untuk meninggalkan SM Entertainment juga pada tahun 2006. Shoo telah berbeda dari teman-teman mantan band bahwa ia tidak mengejar karier musik solo, melainkan, dia tampil dalam musikal seperti Bat Boy, yang telah ditambahkan ke kredibilitasnya sebagai seorang penyanyi.

Dua lainnya telah sejak ditandatangani dengan perusahaan lain: Bada berada di bawah Jiin Entertainment, sementara Eugene dengan PFull Entertainment. Keduanya telah mengejar karier musik solo, dengan berbagai tingkat keberhasilan. Album pertama Bada yang memiliki penjualan yang kuat. Catatan terakhir, meskipun, telah menghidupkan kembali kariernya. Eugene, di sisi lain, memiliki dua album dengan angka penjualan biasa-biasa saja, baik dengan singel pertama yang kuat. Namun, ia telah pindah ke akting.

Ketiga anggota telah mengatakan bahwa S.E.S. dapat berkumpul kembali suatu saat dalam waktu dekat. Hanya waktu yang akan mengatakan apakah ini benar-benar akan terjadi, tetapi tiga dari mereka masih bersama-sama dalam beberapa kapasitas, menjadi teman dekat. Bahkan, saat menerima penghargaan khusus dari MTV Korea pada bulan November 2005, ketiganya menyanyikan sebuah lagu dari album kelima mereka, dengan kejutan dan menyenangkan fans mereka.

Pada tahun 2007, kelompok bersatu kembali lagi merayakan ulang tahun ke-10 mereka, dan pada tahun 2008, mereka muncul sebagai kelompok di acara Korea, Happy Sunday, meskipun reuni tidak jelas. Pada bulan Oktober 2009, mereka membuat penampilan lain bersama-sama sebagai sebuah kelompok di acara Come to Play.

Anniversary yang ke-20 di tahun 2017, S.E.S kembali
Tepatnya tanggal 1 Januari 2017, girlgroup yang sudah sangat lama vakum ini, merilis album bertajuk Remember dengan double track sekaligus. Satu tracknya yang berjudul Remember sudah ada di Youtube saat malam pergantian tahun.

Akhirnya, 'waktu' yang dulu mereka janjikan, terkabul juga. Meskipun sudah 20 tahun S.E.S, tapi para membernya masih unyu looh, awet muda banget (Uzy mau minta resepnya ah). Uzy bingung, mau manggil apa, kalau ahjumma kayanya ketuaan deh. Sunbaenim aja lah yaa..

Track pertama yang berjudul Remember itu, Uzy suka banget. Genrenya ballad, tapi tetap enteng gitu. By the way, itu lagu karangan memberdeul S.E.S. Daebak..!!

Sukses terus yaa S.E.S.. Fighting..!!
Nah, udah kenal kan, siapa itu S.E.S, tinggalin comment dong~~
ppai..ppai..^^
Load disqus comments

0 comments